ABSTRAK
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati materi Pendidikan Agama Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, dan pembiasaan. Permasalahan yang ditemui dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih sekedar menerapkan metode pembelajaran ceramah, sehingga pembelajaran kurang berjalan efektif dan membutuhkan strategi lain dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian berlangsung pada bulan Desember 2022. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Tawangsari yang berjumlah 9 siswa dengan rincian 6 siswa putri dan 3 siswa putra. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Islam Kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2022/2023, hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian rata-rata hasil belajar dari seluruh siswa dan pencapaian rata-rata masing-masing indikator hasil belajar. Dari analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,89% dengan kategori sangat baik. Begitu pula rata-rata hasil belajar pada setiap indikatornya juga sudah mencapai target keberhasilan yaitu indikator 1 adalah mengidentifikasi strategi dakwah dengan presentase 77,78% termasuk kategori baik, indikator 2 adalah menjelaskan strategi dakwah dengan presentase 88,89% termasuk kategori sangat baik, indikator 3 adalah mengidentifikasi hikmah dan manfaat strategi dakwah dengan presentase 100,0% termasuk kategori sangat baik dan indikator 4 adalah menganalisis strategi dakwah dengan presentase 100,0% termasuk kategori sangat baik.
Kata kunci: Peta konsep, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.